SARI, REGITA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FUN THINKERS BOOK PADA MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DALAM MELAKSANAKAN ATURAN DI KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
C.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Regita Eka Puspita Sari_FIKSSS_compressed-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sari, Puspita, Eka, Regita. (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Muatan Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof.Drs. Syahrial, M.ED.,PH.D., (II) Dr. Ahmad Syarif.,M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fun Thinkers Book, Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan prosedur Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Muatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan di Kelas III Sekolah Dasar, (2) Mengetahui tingkat kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Muatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan di Kelas III Sekolah Dasar, (3) Mengetahui tingkat kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book pada Muatan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan di Kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluoation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantatif Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi, pada Maret 2025. Data penelitian ini didapat melalui angket validasi oleh validator, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada guru dan peserta didik. Setelah itu data dianalisis untuk mendapatkan hasil kelayakan dari media pembelajaran fun thinkers book yang dikembangkan Peneliti dan pengembangan menghasil produk berupa media pembelajarn fun thinkers book untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar yang proses pengembangannya melalui model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rat-rata 95% dengan kategori sangat valid, hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 93% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 90% dengan kategori sangat valid, hasil angket respin guru memperoleh skor rata-rata 91,4% dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 90,8%, dan uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 90,9 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan media pembelajaran fun thinkers book untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan pada pembelajaran pendidikan pancasila materi hak dan kewajiaban dalam melaksanakan aturan di kelas III Sekolah Dasar. Keywords: Learning Media, Fun Thinkers Book, Rights and Obligations in Implementing Rules This study aims to: (1) Describe the development procedure of the Fun Thinkers Book learning media in the subject of Pancasila Education on the topic of Rights and Obligations in Implementing Rules for third grade elementary students, (2) Determine the validity level of the developed learning media, (3) Determine the practicality level of the developed learning media. This research used the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The data used in this study included both qualitative and quantitative data. The research was conducted at SDN 55/I Sridadi in March 2025. Data were collected through validation questionnaires from experts, practitioner questionnaires, student response questionnaires, and interviews with teachers and students. The data were then analyzed to determine the feasibility of the developed Fun Thinkers Book learning media. The researchers produced a Fun Thinkers Book learning media product for third-grade elementary students developed using the ADDIE model. The results of the media expert validation obtained an average score of 95% categorized as very valid, material expert validation scored an average of 93% (very valid), and language expert validation scored 90% (very valid). The teacher response questionnaire scored an average of 91.4% (very practical), student responses in small group trials scored an average of 90.8%, and in large group trials scored an average of 90.9% (very practical). Based on these results, it can be concluded that the Fun Thinkers Book learning media for third-grade elementary students is very valid and very practical, and is suitable for use in teaching Pancasila Education on the topic of rights and obligations in implementing rules in Grade III.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fun Thinkers Book, Hak dan Kewajiban Dalam Melaksanakan Aturan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 04:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 04:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |