BALQIS, KHANIA AZZAHRA (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GAME WORDWALL PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X FASE E. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA AZZAHRA BALQIS A1C121026.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA (cover).pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA BAB I.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text
SKRIPSI KHANIA DAPUS.pdf Download (233kB) |
Abstract
e-modul merupakan bahan ajar yang menyajikan materi kimia yang berbasis problem based learning. e-modul ini didasarkan pada kebutuhan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran secara mandiri, praktis dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam memahami konsep kimia yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kelayakan e-modul berbasis problem based learning menurut ahli materi, ahli media, mengetahui penilaian pendidik bidang studi kimia dan mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui komentar dan saran dan data kuantitatif melalui rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul berbasis problem based learning berbantuan brain game wordwall pada materi sistem periodik unsur ini mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,6 dalam kategori sangat layak, ahli media sebesar 4,42 dalam kategori sangat layak, penilaian pendidik sebesar 4,7 dalam kategori sangat layak, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 87,47%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulakn bahwa e-Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Brain Game Wordwall Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Fase E sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: e-modul, Problem Based Learning, Wordwall, Sistem Periodik Unsur
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, Problem Based Learning, Wordwall, Sistem Periodik Unsur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Balqis |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 06:35 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |