PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GAME WORDWALL PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X FASE E

BALQIS, KHANIA AZZAHRA (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GAME WORDWALL PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X FASE E. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI KHANIA AZZAHRA BALQIS A1C121026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI KHANIA (cover).pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI KHANIA HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
SKRIPSI KHANIA ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
SKRIPSI KHANIA BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
SKRIPSI KHANIA BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI KHANIA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI KHANIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI KHANIA BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI KHANIA DAPUS.pdf

Download (233kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

e-modul merupakan bahan ajar yang menyajikan materi kimia yang berbasis problem based learning. e-modul ini didasarkan pada kebutuhan bahan ajar yang dapat membantu proses pembelajaran secara mandiri, praktis dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam memahami konsep kimia yang abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu kelayakan e-modul berbasis problem based learning menurut ahli materi, ahli media, mengetahui penilaian pendidik bidang studi kimia dan mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens (2004). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif melalui komentar dan saran dan data kuantitatif melalui rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul berbasis problem based learning berbantuan brain game wordwall pada materi sistem periodik unsur ini mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,6 dalam kategori sangat layak, ahli media sebesar 4,42 dalam kategori sangat layak, penilaian pendidik sebesar 4,7 dalam kategori sangat layak, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 87,47%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulakn bahwa e-Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Brain Game Wordwall Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X Fase E sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: e-modul, Problem Based Learning, Wordwall, Sistem Periodik Unsur

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, Problem Based Learning, Wordwall, Sistem Periodik Unsur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Balqis
Date Deposited: 25 Jun 2025 06:35
Last Modified: 25 Jun 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80413

Actions (login required)

View Item View Item