STRATEGI PEMASARAN POLITIK PETAHANA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA PULAU KAYU ARO TAHUN 2023

AHMAD FIQRI, PRATAMA STRATEGI PEMASARAN POLITIK PETAHANA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA PULAU KAYU ARO TAHUN 2023. Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover Skripsi (Fiqri).pdf

Download (132kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text
7. Abstract (F).pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I F (CK).pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB IV F (CK).pdf

Download (172kB)
[img] Text
Cetak Keras Fiqri FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka F (CK).pdf

Download (199kB)

Abstract

ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran politik petahana pada pemilihan kepala desa Pulau Kayu Aro tahun 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yakni informan yang dianggap mampu memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian untuk memperoleh data yang akurat. Sesuai kriteria tersebut didapatkan informan penelitian, yaitu (1) Masyarakat Desa Pulau Kayu Aro; (2) Panitia pemungutan suara Desa Pulau Kayu Aro; (3) Kepala desa terpilih pada pilkades Pulau Kayu Aro tahun 2023 dan (4) Tim pemenangan kandidat petanaha. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trigulasi data dan trigulasi teori. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pemabahasan dan analisis hasil wawancara yang dilakukan kepada masyarakat Desa Pulau Kayu Aro, dapat disimpulkan sebagian berikut. Pertama produk, produk politik Hikmah dalam Pilkades Pulau Kayu Aro tahun 2023 adalah kinerja dan program kerja yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya. Kepala desa petahana benar-benar memasarkan kinerja beliau selama periode pertamanya yang telah berhasil menjalankan beberapa program kerjanya. Kedua promosi, promosi yang dijalankan kandidat petahana adalah dengan door to door. Bentuk promosi ini dianggap paling efektif dan efisien dalam promosi politik di Desa Pulau Kayu Aro. Karena masyarakat Desa Pulau Kayu Aro masih minim akan media online ataupun media sosial. Ketiga harga, harga dari aspek ekonomi kandidat petahana tidak banyak mengeluarkan pembiayaan. harga dari aspek psikologis, kandidat petahana memiliki latar belakang etnis sebagai warga asli Desa Pulau Kayu Aro. Di sisi lain, kandidat petahana memikiki harga psikologis dari sisi agama dan pendidikan yang baik di mata masyarakat, karena kandidat petahana pernah menempuh pendidikan di pesantren. Harga dari aspek citra nasional, kandidat petahana memiliki citra yang baik di mata masyarakat, citra yang baik tersebut terbentuk selama kepemimpinan pada periode pertamanya. Keempat tempat, fokus kampanye yang dilakukan dari Ibu Himah dan tim pemenangan hanya pada 1 dusun saja, yaitu Dusun Kemang Manis. Fokus yang dimaksudkan disini adalah dengan banyak melakukan kegiatan di Dusun Kemang Manis, seperti syukuran, do’a selamat, dan kegiatan lainnya. Untuk di dusun lain tim pemenangan hanya turun dan mempromosikan kandidat petahana secara langsung (door to door), tidak ada kegiatan ataupun acara yang dilakukan kandidat petahana dan tim pemenangan.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PRATAMA
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:38
Last Modified: 26 Jun 2025 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80464

Actions (login required)

View Item View Item