PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

Mendrofa, Eva Kristinawaty and Sofnidar, Sofnidar and Anwar, Khairul (2025) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL OUTDOOR MODELLING MATHEMATICS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
HALAMAN PEGESAHAN.pdf

Download (679kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mendrofa, Eva Kristinawaty. Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Outdoor Modelling Mathematics pada Materi Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitass Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Sofnidar, M.Si., (2) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Outdoor Modelling Mathematics, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Kurangnya kemampuan penalaran matematis dipengaruhi oleh penerapan pembelajaran yang belum sesuai dengan kurikulum merdeka dan kurang memperhatikan kebutuhan setiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics pada materi bentuk aljabar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design dengan populasinya adalah kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian adalah kelas VII I sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model konvensional. Data penelitian diperoleh dari hasil angket gaya belajar siswa, hasil posttest kemampuan penalaran matematis, dan hasil lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kelas eskperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model Outdoor Modelling Mathematics memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bernalar matematis siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Berdasarkan uji t-independent sample t-test, diperoleh nilai rata-rata posttest kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen adalah 73,74 dan rata-rata posttest kemampuan penalaran matematis kelas kontrol adalah 56,55, dengan nilai t_hitung>t_tabel yaitu 4,844>2,001.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Outdoor Modelling Mathematics, Kemampuan Penalaran Matematis Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MENDROFA
Date Deposited: 26 Jun 2025 03:28
Last Modified: 26 Jun 2025 03:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80498

Actions (login required)

View Item View Item