Manullang, Renova (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KONFLIK KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI_RENOVA MANULLANG_ADMINISTRASI PENDIDIKAN (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kepuasan kerja guru yang dapat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan cara mengelola konflik di lingkungan sekolah. Kepuasan kerja yang rendah dapat berdampak pada menurunnya motivasi, semangat, dan kinerja guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, khususnya kepemimpinan dan manajemen konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; (2) pengaruh manajemen konflik kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru; dan (3) pengaruh simultan kepemimpinan dan manajemen konflik terhadap kepuasan kerja guru. Penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di tiga SMA Negeri di Kota Jambi, yaitu SMA Negeri 3 Kota Jambi, SMA Negeri 5 Kota Jambi, SMA Negeri 6 Kota Jambi, dengan jumlah total 99 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan data di analisis menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,198, T-statistic sebesar 3,981, dan P-value sebesar 0,000. Manajemen Konflik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru, dengan koefisien sebesar 0,723, T-statistic sebesar 15,534, dan P-value sebesar 0,000. Secara simultan, kedua variabel independent berkontribusi sebesar 78,8% terhadap variabel dependen kepuasan kerja, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai R-square sebesar 0,788. Nilai Q-square sebesar 0,544 menunjukkan bahwa model penelitian memiliki daya prediksi yang baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Manajemen Konflik, Kepuasan Kerja Guru |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Renova Manullang |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 07:17 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |