PENGARUH TEKANAN AKADEMIS, DISIPLIN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Dwia, Beta Putri (2025) PENGARUH TEKANAN AKADEMIS, DISIPLIN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA MAGANG MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
SKRIPSI REVISI BETA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (93kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian didasarkan pada rendahnya tingkat kreativitas yang dimiliki oleh mahasiswa FKIP Universitas Jambi, yang diasumsikan berkaitan dengan keterbatasan pengetahuan yang mereka kuasai. Tekanan akademis, berpikir kritis, dan disiplin belajar diidentifikasi sebagai faktor-faktor penting yang berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan kreativitas mahasiswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh tekanan akademik, kemampuan berpikir kritis, dan kedisiplinan belajar terhadap tingkat kreativitas mahasiswa yang mengikuti program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksploratif melalui survei yang ditujukan kepada mahasiswa peserta program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden dari total populasi sebanyak 390 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket (kuesioner) kepada mahasiswa FKIP Universitas Jambi yang telah mengikuti program magang MBKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara tekanan akademis terhadap disiplin belajar dengan nilai 0,052 atau 5,2%. (2) terdapat pengaruh antara berpikir kritis terhadap disiplin belajar dengan nilai 0,154 atau 15,4%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara tekanan akademis terhadap kreativitas mahasiswa dengan nilai 0,083 atau 8,3%. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara tekanan akademis terhadap disiplin belajar dengan 0,161 atau 16,1%. (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara tekanan akademis terhadap disiplin belajar dengan nilai 0,084 atau 8,4%. (6) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tekanan akademis berpengaruh terhadap kreativitas mahasiswa melalui disiplin belajar sebagai mediator. Nilai Sobel sebesar 3,626 (>1,985) dan p-value 0,033 (<0,05) mengindikasikan bahwa mediasi tersebut signifikan. (7) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa berpikir kritis tidak berpengaruh terhadap kreativitas mahasiswa melalui disiplin belajar sebagai mediator. Nilai Sobel sebesar 1,857 (<1,985) dan p-value 0,063 (>0,05) mengindikasikan bahwa mediasi tersebut tidak signifikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tekanan akademis, disiplin belajar, berpikir kritis, kreativitas mahasiswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: BETA PUTRI DWIA
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:46
Last Modified: 01 Jul 2025 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80684

Actions (login required)

View Item View Item