PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA TERINTEGRASI ESSAY

Amelia, Sarah (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA SMA TERINTEGRASI ESSAY. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (530kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (573kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI FIX SARAH AMELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Hal persetujuan-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan argumentasi ilmiah merupakan salah satu kompetensi yang dapat melatih peserta didik untuk berpikir secara logis, kritis, dan sistematis. Namun, penerapan model pembelajaran belum secara optimal mengembangkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran yang dipadukan dengan pendekatan yang inovatif yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah, salah satunya adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning berbasis Socioscientific Issues. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi pada penelitian ini adalah Fase F yang berjumlah 105 orang, dan sampel yang digunakan adalah kelas F1 sebagai kelas eksperimen, serta kelas F2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan Non equivalent Pre-test Post-test Control Group Design, data akan dianalisis dengan menggunakan uji One-Way Ancova. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan One-Way Ancova menunjukkan adanya pengaruh model Problem Based Learning berbasis Socioscientific Issues terhadap kemampuan argumentasi ilmiah tertulis peserta didik dengan nilai [F(1,67)= 5,521, p= 0,022, np2= 0,076]. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan argumentasi ilmiah tertulis peserta didik yang diberikan perlakuan model Problem Based Learning berbasis Socioscientific Issues dengan kategori sedang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Socioscientific Issues, Kemampuan Argumentasi Ilmiah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: AMELIA
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:55
Last Modified: 06 Oct 2025 08:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81060

Actions (login required)

View Item View Item