PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BIOGAME DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

Rahmad, Rayhan Fadhillah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BIOGAME DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
SKRIPSI_A1C421015_RAYHAN FADHILLAH RAHMAD .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan model R&D yang mengembangkan media pembelajaran berupa kartu Biogame untuk meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi Sistem Indra Manusia di kelas XI Fase F SMA Negeri 2 Kota Jambi. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick and Carey dengan 10 Tahap pengembangan yaitu, Identify Instructional Goal (Mengidentifikasi tujuan pembelajaran), Conduct Instructional Analysis (Melakukan analisis intruksional), Analyse Learners and Contexts (Analisis pelajar dan konteks pembelajaran), Write Performance Objectives (Merumuskan tujuan performasi pembelajaran), Develop Assement Instrument (Mengembangkan instrumen penilaian), Develop Instructional Strategy (Mengembangkan strategi instruksional), Develop and Select Instructional Materials (Mengembangkan dan memilih bahan ajar), Design and Conduct Formative Evaluaation of Instruction (Mendesain dan melakukan evaluasi formatif), Revisi Instruction (Melakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan), Design and Conduct Summative Evaluation (Merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif). Data pada penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif diperoleh dari saran-saran validator, data kuantitatif dari hasil uji coba produk pengembangan. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat baik dari ahli materi (90%) dengan kategori “sangat layak” dan ahli media (80%) kategori “sangat layak”. Respon guru terhadap media ini mencapai 85,3% kategori “sangat layak”, sedangkan respon siswa pada uji coba perorangan sebesar 87,5% dan dipertegas pada hasil uji kelompok kecil sebesar 92,7% kategori “sangat layak:. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan melalui nilai rata-rata pretest sebesar 57,4 meningkat menjadi 83,6 pada postest, dengan N-gain sebesar 0,34 kategori “sedang”. Namun, peningkatan minat belajar siswa tergolong rendah dengan N-gain sebesar 0,29 kategori “kurang efektif”. Secara keseluruhan, media Biogame dinilai valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar, meskipun masih perlu pendekatan tambahan untuk mendorong minat belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Kartu Biogame, Hasil belajar, Minat belajar, Sistem indra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: RAHMAD
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:55
Last Modified: 08 Jul 2025 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81085

Actions (login required)

View Item View Item