NURRU LESTARI, NABILA (2025) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2021. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI NABILA NURRU LESTARI NIM A1A121049.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (179kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal terhadap mahasiwa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 terkait kesiapan menjadi guru masih banyak mahasiwa yang belum cukup yakin dan percaya diri atas kemampuan mereka untuk menjadi guru terutama terkait dengan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi dan keterampilan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara: (1) Pemanfaatan teknologi terhadap kesiapan menjadi guru, (2) Keterampilan komunikasi terhadap kesiapan menjadi guru, (3) Pemanfaatan teknologi dan keterampilan komunikasi terhadap kesiapan menjadi guru. Penelitian ini akan dilakukan di Universitas Jambi dengan cara penyebaran angket kepada 103 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2021. Setelah angket diisi dan dikembalikan, kemudian akan dianalisis secara kuantitatif melalui beberapa tahapan, seperti analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, serta uji koefisien determinasi secara simultan. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan teknologi berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan menjadi guru dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,707 > 1,66008) (2) Keterampilan komunikasi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kesiapan menjadi guru, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,197 > 1,66008) (3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama sama antara pemanfaatan teknologi dan keterampilan komunikasi terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (41,347 > 3,09). Nilai koefesien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,529, artinya pemanfaatan teknologi dan keterampilan komunikasi berkontribusi sebesar 52,9% terhadap kesiapan mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2021 Universitas Jambi untuk menjadi guru. Sementara itu, sisanya sebesar 47,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, pemanfaatan teknologi dan keterampilan komunikasi memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kesiapan mahasiswa dalam menjalani peran sebagai calon guru
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Teknologi, Keterampilan Komunikasi, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:03 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |