PENGARUH METODE BERCERITATERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK-B BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO

WIBOWO, SATRIO PENGARUH METODE BERCERITATERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK-B BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO. JURNAL PENGARUH METODE BERCERITATERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI DI TK-B BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KECAMATAN RIMBO BUJANG KABUPATEN TEBO.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (518kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Satrio Wibowo. 2019 Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Tk-B Bustanul Athfal Aisyiyah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Dr. K.A. Rahman, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Metode Bercerita, Kepercayaan Diri kepercayaan diri adalah kepercayaan akan kemampuan sendiri yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki serta dapat dimanfaatkan secara tepat. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri anak usia dini adalah metode bercerita. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah dengan metode bercerita berpengaruh terhadap rasa kepercayaan diri pada anak usia dini di TK-B Bustanul Athfal Aisyiyah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bercerita terhadap kepercayaan diri anak usia dini di TK-B Bustanul Athfal Aisyiyah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun jenis metode eksperimen penelitian yang dipakai menggunakan rancangan Pretest-Postest Control group design. Penilitian ini di laksanakan di TK-B Bustanul Athfal Aisyiyah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum perlakuan nilai rata-rata kepercayaan diri anak di kelas B1 sebesar 54,53% dan kelas B2 sebesar 54,67% dan sama-sama berada pada kategori cukup sehingga masih perlu dikemabngkan. Setelah perlakuan kelas B1 sebagai kelas control memiliki kepercayaan diri yang tidak jauh berbeda dengan hasil pretest sebesar 57,33% dan berada pada kategori cukup. Sedangkan pada kelas eksperimen yaitu B2 menunjukkan adanya peningkatan pada kepercayaan diri anak usia dini sebesar 66,80% dan berada pada kategori baik. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan mengenai kepercayaan diri anak usia dini setelah diberi metode bercerita antara kelas perlakuan dengan kelas control, sehingga hipotesis diterima yang artinya terdapat pengaruh metode bercerita (X) terhadap kepercayaan diri anak usia dini (Y) di TK-B Bustanul Athfal Aisyiyah Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri anak usia dini di TK tersebut. Hal ini terbukti dari hasil uji-t yang memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata kepercayaan diri anak pada kelas control dan kelas perlakuan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SATRIO WIBOWO
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:01
Last Modified: 27 Jun 2019 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item