Hamida, Hutri Rohmania (2025) Kepemimpinan transformasional Kepala Sekolah Madrasah Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (studi kasus di MAN Insan Cendikia Jambi). S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Hutri Rohmania Hamida.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Full tesis Hutri.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
cover Hutri.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
abstrak Hutri.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (238kB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan oleh kepala madrasah perempuan di MAN Insan Cendekia Jambi, tantangan dan hambatan kepala madrasah perempuan dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di MAN Insan Cendekia Jambi, serta implikasi kepemimpinan transformasional kepala madrasah perempuan terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAN Insan Cendekia Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa field study. Metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian dalam tesis ini menemukan tiga simpulan pokok: Pertama, gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah perempuan di MAN Insan Cendekia Jambi terdiri atas dimensi pengaruh ideal (idealized influence) berupa keteladanan sikap, kedisiplinan waktu, keterlibatan langsung dalam kegiatan kelembagaan, serta komitmen terhadap nilai dan aturan institusi. Lalu dimensi pertimbangan individu (individualized consideration) berupa perhatian personal terhadap kebutuhan individu, empati terhadap masalah pribadi, pemberian bimbingan dan mentoring secara individu, serta dukungan terhadap pengembangan dan pembelajaran individu. Selanjutnya dimensi stimulasi intelektual (intellectual stimulation) berupa mendorong berfikir kreatif dan inovatif, keterbukaan dan kemandirian, serta memberi ruang untuk mengeksplorasi hal baru. Kemudian dimensi motivasi inspirasional (inspirational motivation) berupa mengartikulasikan visi dan misi secara jelas dan menginspirasi serta menumbuhkan antusiasme dan optimisme lewat kata kata. Kedua, tantangan dan hambatan kepala madrasah perempuan dalam menerapkan kepemimpinan transformasional di MAN Insan Cendekia Jambi berupa tuntutan kepemimpinan yang tangguh dalam kondisi krisis, perubahan kebijakan pendidikan nasional serta keterbatasan sumber daya manusia. Ketiga, kepemimpinan transformasional kepala madrasah perempuan berimplikasi terhadap peningkatan mutu pendidikan di MAN Insan Cendekia Jambi berupa optimalisasi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan serta standar pembiayaan
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional, Kepala Madrasah Perempuan, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Hutri Rohmania Hamida |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:29 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81408 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |