PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI

Rahmadhani, Sabina (2025) PENGARUH LITERASI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI SABINA RAHMADHANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam pembelajaran abad 21. Namun begitu, kemampuan berpikir kritis siswa belum menjadi prioritas utama yang diupayakan beberapa pihak sekolah. Guna menekankan pentingnya kemampuan berpikir kritis siswa, literasi sains dipercaya sebagai pendekatan yang relevan. Literasi sains mampu melatih siswa memahami, mengevaluasi, dan menerapkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hubungan literasi sains dengan kemampuan berpikir kritis siswa dan seberapa besar hubungannya; (2) Mengetahui pengaruh literasi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan seberapa besar pengaruhnya; serta (3) Memprediksi peningkatan kemampuan berpikir kritis berdasarkan literasi sains. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain korelasional dan melibatkan siswa kelas XII SMA Negeri 12 Kota Jambi sebagai sampel melalui teknik total sampling. Data dikumpulkan melalui tes esai yang telah divalidasi. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara literasi sains siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa (r = 0,984; p = <0,001). Regresi linear menunjukkan bahwa literasi sains siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan kontribusi sebesar 96,8%. Prediksi kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan literasi sains siswa dilihat dari persamaan regresi yaitu Y = -2,279 + 1,635X, artinya setiap peningkatan satu satuan pada skor literasi sains siswa akan meningkatkan skor kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 1,635 satuan.Sebaliknya, jika skor literasi sains siswa adalah nol, maka skor kemampuan berpikir kritis siswa yang diprediksi juga akan sangat rendah. Kesimpulannya, semakin tinggi literasi sains siswa, semakin tinggi pula kemampuan berpikir kritis mereka. Disarankan agar pendidik menggunakan model project based learning untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SABINA RAHMADHANI
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:43
Last Modified: 01 Sep 2025 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81481

Actions (login required)

View Item View Item