Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Level Van Hiele Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 22 Kota Jambi

Fikriyansyah, Adi (2025) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Berdasarkan Level Van Hiele Siswa Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (85kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah bangun ruang berdasarkan level Van Hiele siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 22 Kota Jambi. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa Van Hiele Geometry Test (VHGT), tes penyelesaian masalah, serta wawancara. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa yang dipilih berdasarkan hasil VHGT, yaitu masing-masing dua siswa dari level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), dan level 2 (deduksi informal). Temuan penelitian mengindikasikan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berkaitan dengan tingkat berpikir Van Hiele yang dimiliki. Siswa di level 0 hanya dapat mengerti masalah secara visual, namun mengalami kesulitan dalam merencanakan dan memecahkan masalah. Siswa di level 1 mulai mampu mengenali karakteristik bangun dan merancang langkah solusi, walaupun masih belum maksimal dalam mengecek ulang jawaban. Peserta didik di tingkat 2 menunjukkan kemampuan yang lebih unggul dalam memahami, merencanakan, menyelesaikan, serta memeriksa hasil penyelesaian masalah dengan cara yang lebih sistematis. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat pemikiran geometri menurut Van Hiele, maka semakin baik pula kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Van Hiele, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fikriyansyah
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:54
Last Modified: 02 Aug 2025 08:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81614

Actions (login required)

View Item View Item