PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY BERBASIS POSNER'S CONCEPTUAL CHANGE THEORY UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI KALOR

Nurvermadi, Rike (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GENIALLY BERBASIS POSNER'S CONCEPTUAL CHANGE THEORY UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA MATERI KALOR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_RIKE NURVERMADI_A1C321049 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (409kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nurvermadi, Rike. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Genially Berbasis Posner’s Conceptual Change Theory untuk Mereduksi Miskonsepsi pada Materi Kalor. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Drs. Maison, M.Si., Ph.D., (II) Hebat Shidow Falah, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Media pembelajaran, Genially, Miskonsepsi, Kalor, Posner’s Conceptual Change Miskonsepsi merupakan pemahaman awal siswa yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah dan dapat menghambat proses belajar jika tidak segera dikoreksi. Salah satu materi fisika yang rentan menimbulkan miskonsepsi adalah materi kalor, terutama pada subkonsep perpindahan kalor dan perubahan suhu. Berdasarkan studi literatur dan berbagai temuan sebelumnya, miskonsepsi pada materi kalor cukup tinggi, sehingga diperlukan media pembelajaran yang tepat untuk mereduksinya. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan media pembelajaran Genially berbasis Posner’s Conceptual Change Theory untuk mereduksi miskonsepsi pada materi kalor. Teori Posner menekankan pada empat kondisi perubahan konseptual: ketidakpuasan terhadap konsep awal, kejelasan konsep baru, kelogisan, dan kebermanfaatan. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu untuk melihat kelayakan dan efektivitas produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Genially berbasis Posner’s Conceptual Change Theory untuk mereduksi miskonsepi pada materi kalor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Kelayakan produk dinilai melalui validasi oleh ahli materi dan ahli, sementara efektivitas produk dilihat dari hasil uji coba berdasarkan analisis skor pretest dan posttest Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berada pada kategori sangat layak, dengan rata-rata kelayakan aspek media sebesar 91,96% dan aspek materi 90,18%. Uji efektivitas dengan metode Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan adanya penurunan miskonsepsi yang signifikan, dengan nilai signifikansi p = 0,010 (<0,005). Dengan demikian, media pembelajaran Genially berbasis Posner’s Conceptual Change Theory ini dinyatakan sangat layak dan efektif dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi kalor. Nurvermadi, Rike. 2025. Development of Genially Learning Media Based on Posner's Conceptual Change Theory to Reduce Misconceptions on Heat Material. Thesis, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, FKIP University of Jambi, Supervisor: (I) Prof. Drs. Maison, M.Sc., Ph.D., (II) Hebat Shidow Falah, S.Pd., M.Sc. Keywords: Learning media, Genially, Misconception, Heat, Posner's Conceptual Change Misconception is a student's initial understanding that is not in accordance with scientific concepts and can hinder the learning process if not immediately corrected. One of the physics materials that is prone to causing misconceptions is heat material, especially in the subconcepts of heat transfer and temperature changes. Based on literature studies and various previous findings, misconceptions on heat material are quite high, so appropriate learning media are needed to reduce it. Based on these problems, Genially learning media was developed based on Posner's Conceptual Change Theory to reduce misconceptions on heat material. Posner's theory emphasizes four conditions of conceptual change: dissatisfaction with the initial concept, clarity of the new concept, logic, and usefulness. The purpose of this development research is to see the feasibility and effectiveness of the product developed in the form of Genially learning media based on Posner's Conceptual Change Theory to reduce misconceptions on heat material. The type of research used in this study is R&D (Research and Development) development research using the 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) model proposed by Thiagarajan. The feasibility of the product is assessed through validation by material experts and experts, while the effectiveness of the product is seen from the results of the trial based on the analysis of pretest and posttest scores. The results of the study showed that the learning media was in the very feasible category, with an average feasibility of the media aspect of 91.96% and the material aspect of 90.18%. The effectiveness test using the Wilcoxon Signed Ranks Test method showed a significant decrease in misconceptions, with a significance value of p = 0.010 (<0.005). Thus, the Genially learning media based on Posner's Conceptual Change Theory is declared very feasible and effective in reducing students' misconceptions on heat material.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Genially, Miskonsepsi, Kalor, Posner’s Conceptual Change
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RIKE NURVERMADI
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:00
Last Modified: 08 Jul 2025 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81688

Actions (login required)

View Item View Item