Ramadani, Anggun Dwi (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (913kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
Skripsi Anggun Dwi Ramadani (2) (1) (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (913kB) |
![]() |
Text
CamScanner 07-07-25 17.42.pdf Download (549kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Implementasi supervisi akademik sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang diambil secara purposive sampling, yang terdiri dari kepala sekolah, dan tiga orang tim supervisi yang merupakan guru senior di SMA tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Muaro Jambi sudah cukup baik. Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dilakukan dengan melalui tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. 1) Perencanaan supervisi akademik di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dilakukan secara sistematis dengan penyusunan program tahunan yang jelas, mencakup jadwal, area fokus, dan penunjukan tim supervisor. Setiap kegiatan supervisi juga didasarkan pada tujuan yang spesifik, disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan guru, siswa, dan sekolah. 2) Pelaksanaan supervisi akademik di SMA Negeri 1 Muaro Jambi memanfaatkan berbagai teknik, seperti observasi kelas, diskusi, wawancara, dan studi dokumen (misalnya RPP dan silabus). Supervisi ini dijalankan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, atau guru senior yang kompeten. Fokus utamanya adalah pada praktik pembelajaran di kelas, termasuk pengelolaan kelas, metode mengajar, interaksi guru-siswa, dan pemanfaatan media pembelajaran. 3) Tindak lanjut supervisi akademik di SMA Negeri 1 Muaro Jambi dilakukan dengan memberikan umpan balik yang konstruktif dan objektif kepada guru setelah observasi. Berdasarkan umpan balik ini, guru bersama supervisor menyusun rencana tindak lanjut untuk mengatasi kelemahan dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Tindak lanjut ini dapat berupa pembinaan individu, lokakarya, atau pelatihan, yang kemudian dimonitor dan dievaluasi secara berkala untuk memastikan efektivitas program supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Supervisi Akademik, Kualitas Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Anggun Dwi Ramadani |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 03:49 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |