PENERAPAN POLA ARGUMENTASI TOULMIN SEBAGAI PENGUAT ARGUMEN PESERTA DIDIK DALAM MENULIS TEKS ARGUMENTASI

Shalihah, Euis and Karim, Maizar and Rustam, Rustam (2025) PENERAPAN POLA ARGUMENTASI TOULMIN SEBAGAI PENGUAT ARGUMEN PESERTA DIDIK DALAM MENULIS TEKS ARGUMENTASI. S2 thesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
TESIS EUIS SHALIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (148kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (21MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Pola Argumentasi Toulmin Sebagai Penguat Argumen Peserta Didik dalam Menulis Teks Argumentasi. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi, Penghimpunan data penelitian diperoleh dengan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Proses penelitian ini mencakup enam elemen utama: claim, evidence, warrant, backing, qualifier, dan rebuttal. Perencanaan pembelajaran dilakukan secara menyeluruh dengan menganalisis kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan. Modul PjBL dirancang untuk merangsang pemikiran kritis siswa melalui pertanyaan esensial, investigasi mendalam, dan pembuatan proyek. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa siswa mampu mengaplikasikan seluruh pola argumentasi Toulmin dalam teks argumentasi mereka, mulai dari menyampaikan pendapat (claim), menyertakan bukti (evidence), menghubungkan secara logis (warrant), memperkuat argumen (backing), memberikan batasan (qualifier), hingga menyampaikan sanggahan (rebuttal). Setiap tahap pembelajaran dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dalam berpikir kritis, berargumentasi, dan mengevaluasi gagasan secara mandiri maupun kolaboratif. Dengan pendekatan ini, pembelajaran teks argumentasi membuat peserta didik merasa lebih terarah dalam menulis teks argumentasi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Euis Shalihah
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:32
Last Modified: 08 Jul 2025 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81821

Actions (login required)

View Item View Item