PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN MODAL USAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN OPPORTUNITY RECOGNITION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADASISWA SMKN 6 TANJUNG JABUNG TIMUR

Alexander, Alexander and Muazza, Muazza and Siti syuhada, Siti syuhada (2025) PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN DAN MODAL USAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN OPPORTUNITY RECOGNITION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADASISWA SMKN 6 TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, Unja.

[img] Text
TESIS FULL 1-5 ALEXANDER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (247kB)
[img] Text
pengesahan, persetujuan pernyataan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB 1 TESIS.pdf

Download (201kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (242kB)
[img] Text
daftar pustaka-1.pdf

Download (469kB)

Abstract

Alexander. 2025. Pengaruh Literasi Kewirausahaan dan Modal Usaha terhadap Minat Berwirausaha dengan Opportunity Recognition sebagai Variabel Mediasi pada Siswa SMKN 6 Tanjung Jabung Timur. Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si., (II) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E.Kata Kunci: Literasi Kewirausahaan, Modal Usaha, Opportunity Recognition, Minat BerwirausahaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh literasi kewirausahaan dan modal usaha terhadap minat berwirausaha dengan opportunity recognition sebagai variabel mediasi pada siswa SMKN 6 Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMKN 6 Tanjung Jabung Timur, dengan jumlah sampel sebanyak 114 siswa yang ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala Likert. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Literasi kewirausahaan memiliki pengaruh langsung terhadap opportunity recognition sebesar 0,571. (2) Modal usaha memiliki pengaruh langsung terhadap opportunity recognition sebesar 0,589. (3) Opportunity recognition memiliki pengaruh langsung terhadap minat berwirausaha sebesar 0,312. (4) Literasi kewirausahaan memiliki pengaruh langsung terhadap minat berwirausaha sebesar 0,625. (5) Modal usaha memiliki pengaruh langsung terhadap minat berwirausaha sebesar 0,648. (6) Opportunity recognition mampu memediasi pengaruh literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha sebesar 0,178. (7) Opportunity recognition mampu memediasi pengaruh modal usaha terhadap minat berwirausaha sebesar 0,184. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah dapat meningkatkan literasi kewirausahaan dan memfasilitasi akses informasi terkait modal usaha serta memberikan pelatihan yang dapat mendorong siswa untuk mampu mengenali peluang bisnis. Dengan demikian, siswa akan lebih siap dan berminat untuk terjun ke dunia wirausaha secara mandiri dan berkelanjutan.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Alexander
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:05
Last Modified: 08 Jul 2025 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81844

Actions (login required)

View Item View Item