PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA SISWA FASE E SMAN 4 KOTA JAMBI

Ilham, Muammar (2025) PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA SISWA FASE E SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemebelajaran menulis teks biografi menggunakan aplikasi canva pada siswa Fase E SMAN 4 Kota Jambi bagaimana aplikasi Canva dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa dalam menulis teks biografi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi pada periode Februari hingga Maret 2025. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, serta analisis hasil karya siswa. Setelah data dikumpulkan, analisis dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus instrumental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajran menggunaan aplikasi Canva dalam teks biografi berhasil meningkatkan motivasi, kreativitas, dan pemahaman siswa terhadap materi. Mayoritas siswa menunjukkan hasil yang baik dalam penulisan teks biografi, dengan 26,1% memperoleh nilai "sangat baik" dan 56,5% mendapatkan nilai "baik". Proses pemebelajaran menggunakan media Canva juga membantu siswa dalam menyusun struktur teks biografi dan memahami kaidah kebahasaan dengan lebih efektif. Namun, beberapa siswa masih menghadapi kesulitan dalam menulis teks biografi secara lengkap dan tepat. Penelitian ini disarankan agar guru terus memanfaatkan aplikasi Canva dalam pembelajaran menulis teks biografi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Selain itu, guru diharapkan memberikan bimbingan lebih lanjut terkait dengan struktur dan kaidah kebahasaan untuk membantu siswa yang masih kesulitan dalam menulis teks biografi secara menyeluruh. Pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan media digital seperti Canva dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa. This study aims to describe the use of Canva as a medium for teaching biography writing in Phase E students at SMAN 4 Kota Jambi and how Canva can be utilized to enhance creativity and students' understanding in writing biographical texts. The research was conducted at SMAN 4 Kota Jambi from February to March 2025. Data was collected through observations, interviews with the Indonesian Language teacher, and an analysis of student works. After collecting the data, the analysis was conducted using qualitative research methods with an instrumental case study approach. The results indicate that the use of Canva in biography writing successfully improved students' motivation, creativity, and understanding of the material. The majority of students showed good results in writing biographical texts, with 26.1% achieving "excellent" scores and 56.5% receiving "good" scores. The use of Canva as a teaching medium also helped students organize the structure of biographical texts and better understand language rules effectively. However, some students still faced difficulties in writing complete and accurate biographical texts. It is recommended that teachers continue to use Canva in teaching biography writing to enhance students' creativity. Furthermore, teachers should provide additional guidance on the structure and language rules to assist students who still struggle with writing complete and accurate biographical texts. Innovative teaching that utilizes digital media like Canva can improve the effectiveness of learning and motivate students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Canva, Teks Biografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ILHAM
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:57
Last Modified: 10 Jul 2025 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81867

Actions (login required)

View Item View Item