Zipli, Sridini (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Video Faktual Berbantuan Website pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (797kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran di sekolah masih kurang didukung oleh media pembelajaran yang bervariasi dan kontekstual, terutama media yang mampu menyajikan contoh-contoh nyata yang sesuai dengan lingkungan sekitar peserta didik. Akibatnya, materi seperti klasifikasi makhluk hidup menjadi abstrak dan sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menganalisis kelayakan media, menganalisis penilaian guru dan respons peserta didik, serta menganalisis efektivitas media pembelajaran interaktif terintegrasi video faktual berbantuan website pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data pada penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan produk, angket penilaian guru IPA, serta angket respons peserta didik yang diberikan kepada kelompok kecil (8 peserta didik) dan kelompok besar (30 peserta didik) serta hasil belajar dianalisis menggunakan software SPSS versi 26. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi video faktual telah melalui dua tahap validasi materi dengan hasil akhir persentase sebesar 94,04% yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Validasi media dilakukan sebanyak dua kali dan memperoleh persentase akhir sebesar 96,42%, yang juga termasuk kategori “sangat layak”. Hasil penilaian dari guru IPA memperoleh persentase sebesar 95,82% dengan kategori “sangat baik”. Respons peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 88,75% dengan kategori “sangat baik”, sedangkan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 91,29% dengan kategori “sangat baik”. Uji efektivitas menggunakan Paired Sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar <,001 (p < 0,05) dengan rata-rata N-gain sebesar 0,63 yang berada pada kategori “sedang”. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif terintegrasi video faktual berbantuan website. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi video faktual berbantuan website layak, menarik, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya perhatian dan minat belajar peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Video Faktual, Website, Klasifikasi Makhluk Hidup. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Zipli |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 07:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |