Hutahaean, Stella Regina (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Film Animasi Terintegrasi Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (522kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi Stella Regina Hutahaean A1C221091.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran berupa film animasi yang terintegrasi dengan budaya Jambi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMPN 10 Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang teridentifikasi melalui observasi awal. Oleh karena itu, film animasi diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional. Kajian teori dalam penelitian ini berlandaskan pada teori multimedia dan teori kognitif yang menyatakan bahwa media visual, seperti film animasi, dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Film animasi yang dikembangkan dalam penelitian ini mengandung materi matematika mengenai transformasi geometri, yaitu translasi dan pencerminan, yang diperkaya dengan elemen budaya Jambi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah desain quasi-experimental dengan pendekatan kuantitatif dan desain non-equivalent control group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media film animasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kedua kelompok diberi tes pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film animasi terintegrasi budaya Jambi memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelompok eksperimen. Siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa media film animasi dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika, khususnya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran berupa film animasi terintegrasi budaya Jambi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu media yang efektif dan menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film Animasi, Budaya Jambi, Transformasi Geometri, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Stella Regina Hutahaean |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:37 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |