RIZKI, KHAMIDAH PUTRI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA SMK NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI KHAMIDAH PUTRI RIZKI FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Khamidah Putri Rizki: 2025. Pengaruh Penggunaan Gawai terhadap Minat Membaca Siswa di SMKN 6 Kota Jambi Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Ir. Denny Denmar, M.P (II) Dr. Robin Pratama, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Penggunaan Gawai, Minat Membaca Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang dampak penggunaan gawai terhadap minat membaca siswa di SMK Negeri 6 Kota Jambi. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk menjadi acuan bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua dalam mengambil kebijakan serta strategi yang mendukung peningkatan minat baca siswa di tengah perkembangan teknologi digital. Realita di lapangan menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa cenderung jarang membaca di luar kelas, dan gawai lebih sering digunakan untuk aktivitas hiburan seperti bermain game atau mengakses media sosial. Kondisi ini diperparah oleh minimnya koleksi buku di perpustakaan sekolah serta kurangnya dorongan dari guru untuk mencari materi dari sumber buku. Penelitian ini bertujuan secara spesifik untuk mengetahui pengaruh penggunaan gawai terhadap minat membaca siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, yang memungkinkan peneliti menganalisis hubungan antara dua variabel, yaitu penggunaan gawai sebagai variabel bebas (X) dan minat membaca sebagai variabel terikat (Y). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen angket dan dianalisis menggunakan teknik korelasi serta uji signifikansi statistik. Pendekatan ini dipilih untuk menguji hipotesis secara objektif dan terukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gawai terhadap minat membaca siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Nilai t hitung sebesar 11,216 lebih besar dari t tabel 1,986, menunjukkan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,45 mengindikasikan bahwa 45% variasi dalam minat membaca siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan gawai. Dengan demikian, semakin baik pemanfaatan gawai untuk aktivitas yang mendukung pembelajaran, maka akan semakin besar pula kontribusinya dalam meningkatkan minat membaca siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Gawai, Minat Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | RIZKI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:58 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |