Sinaga, Nagita (2025) Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sinaga, Nagita Anjelina Rose. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Skripsi Prodi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Muswita, M.Si. (II) M. Erick Sanjaya, S.Pd., M. Pd. Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, HOTS, Direct Instruction Perkembangan pesat pada abad ke-21 mengharuskan siswa untuk menguasai kemampuan berpikir kritis, namun banyak siswa yang masih kesulitan dalam mengaitkan konsep dan mengalisis, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada siswa kelas X Fase E di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), menggunakan dua kelompok: kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model Direct Instruction. Instrumen yang digunakan berupa soal tes esai pretest dan posttest yang telah divalidasi, lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran, serta wawancara guru. Analisis data dilakukan menggunakan uji ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) kemampuan berpikir kritis siswa yang terintegrasi dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) terbukti meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis masalah, menarik kesimpulan, serta merefleksikan proses berpikir secara mendalam. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke- 21.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Berpikir Kritis, HOTS, Direct Instruction |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NAGITA ANJELINA ROSE SINAGA |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 02:57 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82290 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |