Febrianti, Adha (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOCIOSCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI FASE F SMAN 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Kata Kunci : E-LKPD, Problem Based Learning, Socioscientific Issue, Sistem Pencernaan, Pengembangan Media Pembelajaran, ASSURE Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Socioscientific Issue (SSI) pada materi sistem pencernaan untuk peserta didik kelas XI fase F di SMAN 2 Kota Jambi. Latar belakang pengembangan ini didasarkan pada kurangnya media ajar yang interaktif, kontekstual, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta belum terintegrasinya isu sosial dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Produk E-LKPD dirancang untuk dapat diakses secara elektronik melalui berbagai perangkat dan mengintegrasikan elemen interaktif seperti video, minigames, serta materi berbasis masalah nyata yang berkaitan dengan aspek sosial dan ilmiah. Hasil pengembangan menyatakan bahwa media pembelajaran E-LKPD telah dikembangkan menggunakan model ASSURE dengan 6 tahapan, yaitu analyze learner; state standard and objectives; select methods, media and materials; ultilize technology, media and materials; require learner participation; dan evaluation & revise. Hasil pengembangan media pembelajaran E-LKPD menyatakan bahwa media sangat layak digunakan dengan nilai validasi materi sebesar 95% dan nilai validasi media sebesar 91,66%. Hasil persepsi guru biologi terhadap E-LKPD mendapatkan nilai sebesar 95,45% yang artinya dapat diterima dan dapat digunakan sebagai salah satu sumber media belajar. Serta, hasil uji coba kelompok kecil didapatkan respon peserta didik dalam kategori sangat baik yaitu 82,98% dan hasil uji coba kelompok besar didapatkan respon peserta didik dalam kategori sangat layak yaitu 88,31% sehingga produk layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menghasilkan produk yang dapat mengatasi kesulitan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, khususnya materi sistem pencernaan terdapat pada proses validasi ahli materi, ahli media, uji coba kepada guru biologi, peserta didik, dah hasil peningkatan belajar peserta didik dari pretest - posttest.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Problem Based Learning, Socioscientific Issue, Sistem Pencernaan, Pengembangan Media Pembelajaran, ASSURE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | ADHA FEBRIANTI |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:51 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |