Keefektifan Pemanfaatan Media Blog pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP

Anisa, Zukhrufa (2025) Keefektifan Pemanfaatan Media Blog pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] Text
pengesahan new.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (113kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
cover sampul.pdf

Download (116kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (343kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Anisa, Zukhrufa. 2025. Keefektifan Pemanfaatan Media Blog pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas VIII SMP : Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (2) Dr. Sophia Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Keefektifan, Media blog, Menulis cerpen, Pembelajaran, Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan pemanfaatan media blog sebagai sarana pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VIII SMP. Penggunaan media blog dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis, diharapkan mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, dan kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide secara tertulis. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu deskriptif kualitatif dengan desain one shot case study kuantitatif. Penelitian ini dilakukan tanpa perlakuan pembanding atau kelompok kontrol, melainkan hanya pada satu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menulis cerpen melalui media blog. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII/H yang berjumlah 17 orang, dan seluruh populasi dijadikan sampel (sampel jenuh). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang disusun berdasarkan indikator keefektifan pembelajaran dan dikembangkan dari teori-teori relevan. Penilaian dilakukan berdasarkan skor angket yang mencerminkan persepsi dan respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media blog. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor ideal yang diperoleh adalah 494 dari skor maksimal 612, dengan persentase sebesar 80,72%. Persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik, yang menunjukkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan memanfaatkan media blog dapat dikategorikan efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa media blog tidak hanya berperan sebagai alat bantu teknologi, tetapi juga sebagai media ekspresi dan publikasi yang mendukung proses kreatif siswa dalam menulis. Dengan demikian, media blog dapat dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran menulis kreatif di jenjang SMP, khususnya dalam mengembangkan keterampilan menulis cerpen secara lebih kontekstual dan bermakna sesuai dengan karakteristik generasi digital saat ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Media blog, Menulis cerpen, Pembelajaran, Siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ZUKHRUFA ANISA
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:41
Last Modified: 10 Jul 2025 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82761

Actions (login required)

View Item View Item