Muliani, Resti (2025) Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV di SDN 80/I Muara Bulian. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan model POE, untuk mengetahui bagaimana perubahan motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Predict–Observe–Explain (POE), dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa (kemampuan penyelesaian soal matematika) setelah penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain. Dalam penerapannya, siswa terlebih dahulu diminta untuk membuat prediksi terhadap suatu permasalahan (predict), kemudian melakukan pengamatan terhadap kegiatan atau objek yang disajikan (observe), dan akhirnya menjelaskan hasil pengamatan tersebut serta membandingkannya dengan prediksi awal (explain). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dan mengikuti tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 80/I Muara Bulian dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi aktivitas guru, observasi motivasi siswa berdasarkan indikator ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), tes evaluasi untuk mengukur kemampuan penyelesaian soal, dan dokumentasi pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model POE mampu meningkatkan keterlaksanaan aktivitas guru, motivasi belajar siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Keterlaksanaan aktivitas guru meningkat dari 85,71% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Rata-rata motivasi belajar meningkat dari 56,86% pada pra siklus menjadi 79,39% pada siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 27,44% pada pra siklus menjadi 98,53% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict–Observe–Explain (POE) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan penyelesaian soal matematika siswa pada materi pecahan. Model ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, bermakna, dan menyenangkan, terutama untuk pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Predict-Observe-Explain (POE), Motivasi Belajar, Kemampuan Menyelesaikan Soal, Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MULIANI |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |