RINASARI, RATNA (2025) PENGARUH PSIKOSOSIAL TERHADAP SELF MANAGEMENT SISWA DI SMP AHMAD DAHLAN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
surat Pengesahan.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Psikososial Terhadap Self management siswa di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi Nama : Ratna Rinasari Tyas Nurbudi NIM : A1E118061 Pembimbing 1 : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing 2 : Affan Yusra, SPd., M.Pd Dalam Pendidikan, aspek kognitif sangat penting untuk diperhatikan. Namun, ada hal lainnya yang juga penting untuk diperhatikan, yakni hal yang berkaitan dengan mental atau keadaan psikososial siswa. Psikososial siswa sangat perlu diperhatikan karena memiliki pengaruh terhadap perkembangan siswa secara menyeluruh. Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan psikososial yang dialami siswa seperti kecemasan, stress, berduka, keputusasaan dan ketidakberdayaan, interaksi dengan teman sebaya dan dinamika kelompok, serta tekonolgi digital seperti pengaruh media sosial yang menyebabkan rasa rendah diri dan ketidakpuasan terhadap penampilan atau prestasi diri sendiri. Dalam psikososial, dukungan emosional dan psikologis keluarga sangatlah penting dalam mencapai tugas dan fungsi perkembangan remaja sesuai dengan teori Erikson. Dari berbagai macam latar belakang siswa serta berbagai ragam cara didikan di rumah, hal itu juga bisa mempengaruhi bagaimana seseorang itu mengelola waktunya dengan baik (self management). Tujuan penelitian ini yaitu mengungkapkan tingkat dan seberapa pengaruh psikososial siswa terhadap self management siswa di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Dalam hal ini, yang menjadi titik fokus penelitian yaitu hanya mengungkapkan pengaruh psikososial terhadap aspek-aspek self management yang terdiri dari pendorong diri, penyusunan diri, pengendalian diri, dan pengembangan diri. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi yang terdiri dari 84 responden, dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan metode Expost-facto. Data dianalisis menggunakan persentase, uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian mengenai pengaruh psikososial terhadap self management siswa di SMP Ahmad Dahlan yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara psikososial dan self management yakni sebesar 0,000<0,005. Selain itu tingkat psikososial siswa di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi tergolong tinggi dengan persentase angka sebesar 65,35%, dengan permasalahan sosial sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan masalah psikologi. Tingkat self management keseluruhan siswanya yakni sebesar 63,49 % dan tergolong tinggi, dengan aspek pendorong diri yang cukup besar serta pengembangan diri yang cukup terarah. Kata Kunci: Pengaruh, Psikososial, Aspek Self Management
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | NURBUDI |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |