PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP

Dari, Riski Kurnia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (832kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
TESIS FULL.pdf

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Inovasi pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam menghadapi tantangan era modern yang menuntut keterampilan proses sains dan pemahaman konsep yang mendalam. Model PjBL dipilih karena mampu memfasilitasi pembelajaran aktif dan kontekstual melalui proyek nyata, sementara integrasi etnosains dapat menjembatani pengetahuan ilmiah dengan kearifan lokal, menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan aplikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Etnosains terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep pada materi bioteknologi di SMP. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil secara random sampling dan diambil sebanyak tiga kelas yaitu kelas control, eksperimen 1 dan eksperimen 2. Hasil penelitian pada pada kelas eksperimen 2 keterampilan proses sains didapat hasil rata-rata 2,78, sedangkan untuk pemahaman konsep didaptakan rata-rata 79, hasil tersebut lebih tinggi dari kelas control dan eksperimen 1. Kesimpulannya model pembelajaran PjBL berbasis etnosains efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep pada materi bioteknologi di SMP. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains, khususnya di daerah yang memiliki kekayaan etnosains.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model project based learning, etnosains, keterampilan proses sains, pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: RISKI KURNIA DARI
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:47
Last Modified: 14 Jul 2025 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83978

Actions (login required)

View Item View Item