Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 7 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019

Nurapriliani, Haniva Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 7 Kota Jambi Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (506kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita fantasi siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Kota Jambi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Kota Jambi pada Maret 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Kota Jambi tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja. Pemilihan tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan menulis cerita fantasi siswa dengan menggunakan media gambar. Penilaian tes diukur bedasarkan kriteria dan skala penilaian menulis cerita fantasi sesuai dengan yang tercantum pada buku siswa yaitu aspek struktur dan penggunaan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII A SMPN 7 Kota Jambi berkategori sangat mampu dengan skor rata-rata 4 yang berada pada interval 4 - 5,00 dan memperoleh indeks penilaian 80,6 yang terdapat pada interval skor 70-84 dengan predikat baik. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran menulis cerita fantasi menjadi lebih baik dengan menggunakan media gambar. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bidang studi mata pelajaran bahasa Indonesia untuk memberi pengajaran lebih pada aspek penggunaan bahasa cerita fantasi khususnya makna kias dan makna khusus agar siswa semakin terampil dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HANIVA PRATAMI NUR APRILIANI
Date Deposited: 15 Jul 2019 06:02
Last Modified: 15 Jul 2019 06:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item