Herianto, Herianto (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA MADRASAH DI PEMUKIMAN SUKU ANAK DALAM (SAD) KABUPATEN MUARO JAMBI. S3 thesis, Pendidikan Dasar.
![]() |
Text
Disertasi Herianto.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
ABSTRAK Herianto. Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada sebuah Madrasah di Pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Muaro Jambi. Promotor: Prof. Hadiyanto, S.Pd., M.ED., Ph.D., Co-Promotor: Prof. Dr.Drs. Firman, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter Islami di salah satu madrasah yang berada di pemukiman Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Muaro Jambi, ditinjau dari perspektif manajemen pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, peneliti sebagai instrumen utama mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, yang didukung oleh pedoman wawancara semi-terstruktur serta lembar observasi. Partisipan penelitian terdiri dari tujuh orang yang meliputi kepala sekolah, tiga guru, dan tiga siswa, dengan bantuan penerjemahan dari Jenang/Temenggung guna memastikan pemahaman bahasa dan konteks lokal. Analisis data dilakukan secara tematik melalui proses koding untuk mengidentifikasi pola dan tema utama terkait pelaksanaan pendidikan karakter Islami di madrasah tersebut. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa implementasi pendidikan karakter Islami di madrasah ini berlangsung melalui lima metode utama, yaitu metode pembiasaan, metode langsung dan tidak langsung, metode keteladanan, metode reward and punishment, serta metode penerapan aturan. Manajemen pendidikan karakter peserta didik dijalankan melalui empat tahapan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya faktor-faktor pendukung seperti kolaborasi antara guru, orang tua, dan tokoh adat, serta faktor penghambat berupa keterbatasan sarana dan tantangan budaya lokal. Temuan ini memberikan gambaran yang komprehensif mengenai dinamika, strategi, serta tantangan implementasi pendidikan karakter Islami dalam konteks madrasah komunitas SAD. Kata kunci: madrasah, manajemen pendidikan, pendidikan karakter islami, Suku Anak Dalam (SAD)
Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S3 Kependidikan |
Depositing User: | HERIANTO |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |