AGUSTINA, LEILA (2025) PENGEMBANGAN e-HANDOUT BERBASIS GNT (GUIDED NOTE TAKING) PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan, Lembar Pengesahan.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
Leila Agustina (A1C121006).pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Agustina, Leila 2025, “Pengembangan e-Handout Berbasis GNT (Guided Note Taking) Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Kata kunci: e-Handout, Guided Note Taking, asam basa, minat belajar, Kurikulum Merdeka Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih sumber belajar sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Namun, materi kimia seperti asam basa yang bersifat abstrak masih menjadi tantangan dan kerap menurunkan minat belajar. Berdasarkan analisis di SMAN 1 Muaro Jambi, peserta didik memerlukan bahan ajar yang praktis dan mudah diakses. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan e-Handout berbasis Guided Note Taking (GNT) guna meningkatkan minat belajar pada materi asam basa. Penelitian ini difokuskan pada tiga aspek utama, yaitu proses pengembangan e-Handout berbasis GNT, kelayakan produk yang dihasilkan, serta tanggapan guru dan peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Pendekatan GNT digunakan agar peserta didik lebih aktif dan terbantu dalam memahami materi melalui catatan terpandu, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian meliputi pedoman wawancara dan angket, dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta mendapatkan penilaian dari guru. Uji coba juga dilakukan secara individual dan kelompok kecil untuk menilai kelayakan serta respon peserta didik terhadap e-Handout. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Handout berbasis GNT pada materi asam basa dinyatakan sangat layak digunakan. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh skor 4,7 atau 94%, dari ahli media sebesar 4,5 atau 90%, serta penilaian guru sebesar 4,9 atau 98%, seluruhnya termasuk kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik pun sangat positif dengan persentase sebesar 96% dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, e-Handout berbasis GNT ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran kimia yang inovatif. Produk ini diharapkan dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi asam basa, sekaligus meningkatkan minat dan motivasi belajar sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Handout, Guided Note Taking, asam basa, minat belajar, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | AGUSTINA |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 01:32 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 01:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |