Aisyah, Siti (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LKPD BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PENERAPAN MODEL PBL DI MTsN 3 KOTA JAMBI. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.
![]() |
Text
a. Tesis Siti aisyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
b. Cover Siti Aisyah.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
c. Halaman Persutujuan, Halaman Pengesahan Siti Aisyah.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
d. Abstrak Siti Aisyah.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
e. Bab I Siti Aisyah.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
f. Bab V Siti Aisyah.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
f. Bab V Siti Aisyah.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
g. Daftar Pustaka Siti Aisyah.pdf Download (148kB) |
Abstract
Aisyah, S. 2025. Pengembangan Perangkat Pembelajaran LKPD Berbasis Nilai-Nilai Karakter pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Penerapan Model PBL di MTsN 3 Kota Jambi. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. Dra. Risnita, M.Pd. II. Dr. Tedjo Sukmono., S.Si., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis nilai-nilai karakter pada materi sistem pernapasan melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) di MTsN 3 Kota Jambi. Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan meliputi rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli lingkungan, dan kerja keras. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media, sedangkan uji praktikalitas dan efektivitas dilakukan melalui respon guru dan siswa serta analisis hasil belajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan berada pada kategori “Baik” dengan skor rata-rata dari validator ahli media sebesar 78,57% dan validator ahli materi sebesar 78,57%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai gain score sebesar 0,5679 (kategori sedang). Selain itu, asesmen karakter menunjukkan peningkatan signifikan pada keempat nilai karakter yang ditargetkan. Guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap LKPD, terutama karena pendekatan PBL yang kontekstual dan penggunaan media bantu seperti flashcard yang menarik dan mudah digunakan. Dengan demikian, LKPD berbasis karakter melalui model PBL terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta membentuk karakter siswa secara holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan perangkat pembelajaran IPA yang kontekstual, bernilai, dan sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Kata Kunci: LKPD, nilai karakter, Problem-Based Learning, sistem pernapasan, pengembangan perangkat ajar.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | siti aisyah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |