ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PRODUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK 9 JAMBI CABANG SYARIAH

Adriand, Farhan Qhadaffi (2025) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PRODUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK 9 JAMBI CABANG SYARIAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (658kB)
[img] Text
lembar pengesahann.pdf

Download (902kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (563kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (807kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL FARHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (924kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

​Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Segmentasi Pasar Pada Produk Pembiayaan Murabahah Produktif Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank 9 Jambi Cabang Syariah. Murabahah Produktif adalah salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Bank 9 Jambi Cabang Syariah, akan tetapi persaingan antar lembaga keuangan lain, mengharuskan Bank untuk melakukan strategi promosi yang efektif . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, didukung oleh analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam strategi Segmentasi pasar. Hasil dari strategi analisa segmentasi pasar memfokuskan pada segmentasi pasar yang efektif, Segmentasi Geografis berdasarkan lokasi yang strategis di wilayah perkotaan, perdesaan, pesisir dan pertanian.Segmentasi demografis menargetkan nasabah dengan usia produktif, pendapatan stabil, pengalaman mengelola usaha, Segmentasi Psikografis menargetkan pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya dan memiliki prinsip keuangan syariah, Segmentasi Perilaku dilihat dari penggunaan dana pembiayaan dan riwayat pinjaman. Hasil penelitian dengan Analisis SWOT menunjukkan bahwa Strategi (SO) Memanfaatkan Dual Banking Leverage Model (DBLM) untuk calon nasabah. Strategi (WO) Mengatasi keterbatasan akses akibat kurangnya akses dengan menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar dalam skala besar. Strategi (ST) Melakukan riset pasar secara berkala untuk mengetahui kebutuhan nasabah. Strategi (WT) Menjalankan program-program sosialisasi yang dapat membentuk nasabah untuk memahami pentingnya investasi, sekaligus membantu mereka mengatasi faktor ekonomi yang menjadi hambatan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi Pasar, Pembiayaan Murabahah, SWOT, Perbankan Syariah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: ADRIAND
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:35
Last Modified: 16 Jul 2025 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84460

Actions (login required)

View Item View Item