PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

Rosarina, Meita (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK_250716_103147.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I_250716_103256.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V_250716_103227.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_250716_103126.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Lembat pengesahan.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI MEITA_250716_103332.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Rosarina., Meita, 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Materi Redoks untuk Meningkatkkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X” Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Epinur, M.Si (II) Dr. Drs. Harizon, M.SiKata Kunci: Inquiri, Redoks, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry, yaitu inquiry terbimbing dan inquiry bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks kelas X. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya dalam memahami konsep-konsep dasar reaksi redoks seperti bilangan oksidasi, oksidator, dan reduktor. Metode yang digunakan adalah Quasi-Experimental dengan bentukpostest nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 diberi perlakuan inquiry tebimbing dan kelas X2 diberikan perlakuan inquiry bebas di SMAN 2 Bungo. Instrument yang digunakan berupa tes berpikir kritis dengan indicator merumuskan masalah, mengungkapkan fakta, memberikan argumentasi logis, mendeteksi bias, dan menarik Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan peningkatan yang lebih signifikan pada kelompok inquiry bebas. Kesimpulannya, model pembelajaran inquiry bebas lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi redoks.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inquiri, Redoks, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: S
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:26
Last Modified: 16 Jul 2025 04:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84553

Actions (login required)

View Item View Item