Febrianti, Tiara (2025) Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Materi Kependudukan Jepang Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BABI.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PEngesahan.pdf Download (228kB) |
Abstract
Febrianti, Tiara. 2025. Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Materi Kependudukan Jepang Melalui Penerapan Model Discovery Learning Pada Siswa kelas XI SMAN 2 Kota Jambi, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimning : (1) Drs. Yundi Fitrah, M.Hum (2) Yoan Mareta, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Discovery learning, minat belajar, model belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah terutaman pada materi kependudukan jepang menggunkan model pembelajaran discovery learning . penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Kota Jambi dengan objek siswa kelas XI. Yang dimana minat belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan, peneliti menerapkan model pembelajara discovery learning. model pembelajaran ini memberikan pengalaman pembelajaran yang berpusat pada siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan instrument angket. Dalam penelitian menggunakan empat tahap, Perencanaan, pelaksanaan, observasi,serta refleksi. Penelitian akan dilaksanakan pada kelas XI F-4 dengan total siswa 36. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas XI F-4 SMAN Kota Jambi memberikan hasil yang positif terhadap peningkatan minat belajar siswa pada saat penggunaan model pembelajaran discovery learning pada materi kependudukan Jepang. Berdasarkan hasil angket minat belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus pertama hingga akhir. Pada siklus pertama minat belajar siswa tertulis sebesar 47% dan 57%, lalu pada siklus kedua terjadi peningkatan dengan hasil menjadi 76% dan 85%. Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran sejarah materi Kependudukan Jepang meningkatkan minat belajar siswa kelas XI F-4 SMAN 02 Kota Jambi. Penggunaan model pembelajaran discovery learning bisa menjadi sebuah strategi dalam pembelajaran yang akan meningkatkan minat belajar para siswa. Dengan begitu, model pembelajaran discovery learning bisa digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan minat dan mendukung siswa ikut aktif terlibat dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Discovery learning, minat belajar, model belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | TIARA FEBRIANTI |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 12:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |