ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS X SMA

Samosir, Ely Zabet (2025) ANALISIS BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Samosir, Ely Zabet. 2025. Analisis Berpikir Kreatif Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Perbandingan Trigonometri Ditinjau Dari Self Regulated Learning Siswa Kelas X SMA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Nizlel Huda, M. Kes. (II) Dra. Roseli Theis, M. S. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Pemecahan Masalah Matematika, Self Regulated Learning Kemampuan berpikir kreatif matematis penting dalam pembelajaran matematika karena memungkinkan siswa memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang dan menghasilkan solusi inovatif. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan ini adalah self regulated learning (SRL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuaun berpikir kreatif matematis siswa \dalam pemecahan masalah perbandingan trigonometri ditinjau dari self regulated learning. Penelitian dilakukan secara kualitatif deskriptif di SMA Negeri 4 Kota Jambi pada 23 Januari 2025, dengan subjek tiga siswa kelas X E2 yang dipilih berdasarkan kategori SRL tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian meliputi angket SRL, tes berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara semi terstruktur. Triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan SRL tinggi memenuhi seluruh indikator berpikir kreatif matematis(fluency, flexibility, originality, dan elaboration) karena mampu merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses berpikirnya secara efektif. Siswa dengan SRL sedang hanya memenuhi tiga indikator (fluency, flexibility, dan elaboration), namun belum menunjukkan gagasan yang benar-benar orisinal. Siswa dengan SRL rendah hanya memenuhi indikator fluency karena kurang mampu mengembangkan ide dan tidak menunjukkan strategi yang bervariasi atau unik dalam pemecahan masalah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SAMOSIR
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:52
Last Modified: 02 Aug 2025 12:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84804

Actions (login required)

View Item View Item