Dwi Putri Manik, Dian (2025) Peningkatan Kemampuan Perilaku Prososial Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (131kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Perilaku Prososial, Bermain Peran Penelitian ini dilatarbelakangi peningkatan kemampuan perilaku prososial di TK Xaverius 1 Kota Jambi masih tidak tercapai perkembangan dengan baik.Hal ini terlihat pada anak masih mengalami ketidakmauan untuk bermain bersama,saling berbagi dengan teman, menghargai hak/pendapat/karya orang lain, menunjukkan sikap toleran, mengenal tata krama dan sopan santun. Tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perilaku prososial melalui kegiatan bermain peran terhadap anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan 3 siklus, pada siklus 1 ada 3 pertemuan, siklus 2 ada 3 pertemuan, dan pada siklus 3 ada 2 pertemuan. Pada setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Selanjutnya sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan terpilih hanya 1 kelas yang dimana pada kelas B Integrity berjumlah 21 orang anak. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun yang dilakukan melalui kegiatan bermain peran di TK Xaverius 1 Kota Jambi.Terlihat pada hasil siklus 1 pertemuan 1 yaitu 28,27%, siklus 1 pertemuan 2 yaitu 30,85%, siklus 1 pertemuan 3 yaitu 38%,siklus 2 pertemuan 1 yaitu 46,83%, siklus 2 pertemuan 2 yaitu 52,38%, siklus 2 pertemuan 3 yaitu 64,19%, siklus 3 pertemuan 1 yaitu 73,32%, siklua 3 pertemuan 2 yaitu 84,33%. Hasil dari siklus 3 pertemuan 2 sudah mencapai ketuntasan yaitu 76% dengan kategori perilaku prososial anak meningkat sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi telah terjadi peningkatan melalui kegiatan bermain peran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan perilaku prososial,bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MANIK |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 02 Aug 2025 06:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84810 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |