Peningkatan Kemampuan Perilaku Prososial Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi

Dwi Putri Manik, Dian (2025) Peningkatan Kemampuan Perilaku Prososial Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (131kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Perilaku Prososial, Bermain Peran Penelitian ini dilatarbelakangi peningkatan kemampuan perilaku prososial di TK Xaverius 1 Kota Jambi masih tidak tercapai perkembangan dengan baik.Hal ini terlihat pada anak masih mengalami ketidakmauan untuk bermain bersama,saling berbagi dengan teman, menghargai hak/pendapat/karya orang lain, menunjukkan sikap toleran, mengenal tata krama dan sopan santun. Tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perilaku prososial melalui kegiatan bermain peran terhadap anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan 3 siklus, pada siklus 1 ada 3 pertemuan, siklus 2 ada 3 pertemuan, dan pada siklus 3 ada 2 pertemuan. Pada setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Selanjutnya sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan terpilih hanya 1 kelas yang dimana pada kelas B Integrity berjumlah 21 orang anak. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun yang dilakukan melalui kegiatan bermain peran di TK Xaverius 1 Kota Jambi.Terlihat pada hasil siklus 1 pertemuan 1 yaitu 28,27%, siklus 1 pertemuan 2 yaitu 30,85%, siklus 1 pertemuan 3 yaitu 38%,siklus 2 pertemuan 1 yaitu 46,83%, siklus 2 pertemuan 2 yaitu 52,38%, siklus 2 pertemuan 3 yaitu 64,19%, siklus 3 pertemuan 1 yaitu 73,32%, siklua 3 pertemuan 2 yaitu 84,33%. Hasil dari siklus 3 pertemuan 2 sudah mencapai ketuntasan yaitu 76% dengan kategori perilaku prososial anak meningkat sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi telah terjadi peningkatan melalui kegiatan bermain peran

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan perilaku prososial,bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: MANIK
Date Deposited: 17 Jul 2025 08:08
Last Modified: 02 Aug 2025 06:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84810

Actions (login required)

View Item View Item