Marbun Kristina, Forteen (2025) PENGEMBANGAN PERANGKAT AJAR PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK SMA MELALUI PROSES PEMBUATAN KERUPUK PANGGANG MENGGUNAKAN ANYFLIP. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan forteen.pdf Download (883kB) |
Abstract
Forteen, Kristina Marbun. 2025. Pengembangan Perangkan Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terintegrasi Etnosains Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk SMA Melalui Proses Pembuatan Kerupuk Panggang Menggunakan Anyflip. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si., (II) M.Furqon, M.Pd. Kata Kunci: Buku Penunjang, Etnosains, Kerupuk Panggang, Modul, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mendorong penguatan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi, pemecahan masalah, dan literasi digital yang berlandaskan nilai kebhinekaan. Integrasi antara kearifan lokal dan etnosains menjadi salah satu strategi penting dalam pembelajaran yang kontekstual. Namun, hasil observasi di SMAN 6 Kota Jambi bahwa perangkat ajar P5 yang tersedia masih terbatas dari segi konten, ilustrasi, serta keterkaitannya dengan konsep sains. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa 42% siswa memahami keterkaitan antara kearifan lokal dan sains, sedangkan 63,3% menunjukkan motivasi belajar yang lebih baik ketika materi pembelajaran dikaitkan dengan P5. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar P5 berupa buku penunjang dan modul yang terintegrasi dengan etnosains, menggunakan model pengembangan ADDIE, hanya batas pengembangan. Produk yang dihasilkan mengangkat kearifan lokal kerupuk panggang Jambi sebagai konteks pembelajaran sains. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan sangat baik dengan nilai 81% untuk buku dan 82% untuk modul. Hasil penelitian di SMAN 6 Kota Jambi menunjukkan respon guru tingkat kelayakan 92,5% untuk buku dan 94% untuk modul. Persepsi siswa terhadap modul juga tinggi, yaitu sebesar 88%. Oleh karena itu, perangkat ajar ini dinilai praktis dan potensial menjadi solusi inovatif untuk mengimplementasikan pembelajaran berbasis budaya dan sains di tingkat SMA
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Penunjang, Etnosains, Kerupuk Panggang, Modul, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Forteen Kristina Marbun |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:28 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |