Parido, Parido Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP yang Mempunyai Kepribadian Guardian dalam Modelling Mathematics. Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP yang Mempunyai Kepribadian Guardian dalam Modelling Mathematics.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
pdfjoiner.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.docx Download (34kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (284kB) |
Abstract
Parido. 2019. Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP Yang Mempunyai Kepribadian Guardian Dalam Modelling Mathematics: Skripsi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S, (II) Khairul Anwar, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Kompetensi Strategis Matematis, Kepribadian Guardian, Modelling Mathematics Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil jawaban ulangan siswa SMP yang belum memenuhi semua indikator kecakapan kompetensi strategis matematis dalam modelling mathematics, sedangkan soal yang diberikan guru sudah memiliki penyelesaian yang mecakup kecakapan kompetensi strategis matematis. Sehingga kecakapan kompetensi strategis matematis siswa tersebut belum terlihat. Padahal kecakapan kompetensi strategis matematis merupakan salah satu kecakapan yang dapat membuat siswa sukses dalam pembelajaran matematika, sehingga kecakapan kompetensi strategis matematis sangat penting untuk dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk mengetahui kecakapan kompetensi strategis matematis siswa dapat dilihat dari indikator kecakapan kompetensi strategis matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecakapan kompetensi strategis matematis siswa SMP yang mempunyai kepribadian guardian dalam modelling mathematics di SMP N 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitia kualitatif deskriptif. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah 2 siswa berkepribadian guardian di kelas VIII A dan 2 siswa berkepribadian guardian di kelas VIII C.I. Instrumen yang digunakan dalam penelitia ini adalah lembar soal berbasis modelling mathematics dan pedoman wawancara. Pedoman wawancara dan metode think aloud digunakan untuk memperkuat kecakapan kompetensi strategis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk soal nomor 1 hanya subjek G.1 dan G.2 yang memenuhi semua indikator kompetensi strategis matematis, sedangkan untuk subjek G.3 dan G.4 memenuhi indikator lain kecuali indikator kompetensi strategis matematis yang pertama hanya memenuhi sebagian. Sedangkan untuk soal nomor 2 hanya subjek G.1 yang memenhuhi semua indikator kecakapan kompetensi strategis matematis, untuk G.2 memenuhi indikator lain kecuali indikator keempat dan kelima hanya memenuhi sebagian indikator. Untuk G.3 dan G.4 sama-sama memuhi indkator lain kecuali indikator kelima hanya memenuhi sebagian. Sehingga terlihat bahwa siswa yang memiliki kepribadian guardian secara umum sudah memenuhi indikator kecakapan kompetensi strategis matematis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | PARIDO |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 08:38 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 08:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8570 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |