Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi yang Bergerak di Kelas IV Sekolah Dasar

Ilham, Ahmad Januardi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Poster Digital pada Mata Pelajaran IPAS Materi Energi yang Bergerak di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (288kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran poster digital pada mata pelajaran IPAS materi “Energi yang Bergerak” di kelas IV Sekolah Dasar, serta mengetahui validitas dan kepraktisan media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan campuran (mixed method), yaitu menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran poster digital yang dirancang untuk membantu peserta didik memahami konsep energi yang bergerak melalui tampilan visual yang menarik dan kontekstual. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060/IX Sembubuk pada tahun ajaran 2023/2024. Data diperoleh melalui validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta melalui angket respon dari pendidik dan peserta didik untuk mengukur tingkat kepraktisan penggunaan media. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli materi memberikan skor rata-rata 4,8 (kategori sangat layak), ahli bahasa memberikan skor 4,2 (kategori layak), dan ahli media memberikan skor 4,3 (kategori layak). Sementara itu, hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa respon dari pendidik memperoleh skor rata-rata 5 dan respon dari peserta didik juga memperoleh skor rata-rata 4,11, yang keduanya berada dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster digital pada mata pelajaran IPAS materi energi yang bergerak layak dan praktis digunakan sebagai media alternatif dalam proses pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Poster Digital, Pembelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AHMAD JANUARDI ILHAM
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:38
Last Modified: 18 Sep 2025 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85758

Actions (login required)

View Item View Item