PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 26 MUARO JAMBI

Oktopiani, Annisa (2025) PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 26 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan .pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi .pdf

Download (674kB)
[img] Text
abstrak di skripsi .pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA 10.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
daftar pustaka .pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap layanan konseling individu di SMP Negeri 26 Muaro Jambi serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Layanan konseling individu merupakan bagian penting dalam mendukung perkembangan emosional, sosial, dan akademik siswa, khususnya bagi siswa dengan kekurangan belajar. Namun, hasil observasi awal menunjukkan bahwa layanan ini belum dimanfaatkan secara optimal karena adanya persepsi negatif dari siswa yang menganggap konseling hanya untuk siswa bermasalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survei, melibatkan 70 responden siswa yang dipilih melalui rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap layanan konseling individu berada dalam kategori sangat baik, ditinjau dari faktor internal seperti pengalaman dan kepercayaan diri, maupun faktor eksternal seperti aksesibilitas layanan dan pendekatan konselor. Temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan sosialisasi layanan dan penguatan hubungan konselor-siswa guna meningkatkan pemanfaatan layanan konseling secara optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: OKTOPIANI
Date Deposited: 18 Sep 2025 04:06
Last Modified: 18 Sep 2025 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85811

Actions (login required)

View Item View Item