Anggoro, Gesang (2025) Analisis Perilaku Birokrasi Dalam Pelayanan Publik dan Peran Kepemimpinan Transformasional di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.
![]() |
Text
SKRIPSI FINAL GESANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI GESANG.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN GESANG.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI GESANG.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB 1 SKRIPSI GESANG.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text
BAB 4 SKRIPSI GESANG.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI GESANG.pdf Download (189kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk patologi dalam pelayanan publik serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan munculnya patologi birokrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas pelayanan administrasi kependudukan, seperti proses yang lambat, prosedur yang tidak jelas, serta adanya indikasi praktik maladministrasi dan penyimpangan prosedur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari pejabat Dukcapil, staf pelaksana, Ombudsman, serta masyarakat penerima layanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa patologi birokrasi dalam pelayanan publik di Dukcapil Kota Jambi dipengaruhi oleh lima faktor utama yaitu: gaya kepemimpinan, rendahnya kompetensi pegawai, pelanggaran aturan hukum oleh aparat, perilaku disfungsional birokrat, dan lemahnya sistem pengawasan internal. pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi masih menghadapi berbagai kendala patologi birokrasi yang berdampak pada rendahnya efektivitas dan kualitas layanan administrasi kependudukan. Bentuk-bentuk patologi birokrasi yang ditemukan meliputi prosedur pelayanan yang berbelit-belit, lambatnya proses penyelesaian dokumen, Selain itu, ditemukan pula bahwa birokrasi yang kaku tidak ramah dan prosedural membuka peluang terjadinya praktik pungli, ketidakadilan layanan, serta penurunan kepercayaan publik terhadap pemerintah. Oleh karena itu, perlu dilakukan reformasi birokrasi melalui peningkatan kompetensi SDM, transparansi prosedur, serta penguatan sistem pengawasan untuk mewujudkan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan akuntabel. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pelayanan publik yang lebih baik serta mendukung tercapainya prinsip good governance di tingkat lokal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | ANGGORO |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 08:05 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 08:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85923 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |