PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH DI MIS NURUL HUDA MUARO JAMBI

Penirewod, Kevin Nugraha and Abdul Kadir, Sulhi Muhamad Daud and Sholiha, Mar’atun and Jufri, Salman (2027) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH KITABAH DI MIS NURUL HUDA MUARO JAMBI. al-Afkar, Sinta 4, 10 (2). pp. 1-9. ISSN 2614-4883

[img] Text
Abstrak Repository Kevin.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Cover Repository Kevin.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan Repository kevin.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Bab 1 Repository Kevin.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Bab 5 Repository kevin.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Repository kevin.pdf

Download (246kB)
[img] Text
SKRIPSI ARAB LENGKAP KEVIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://doi.org/10.31943/afkarjournal

Abstract

Penirewod, Kevin Nugraha. 2025. Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Maharah Kitabah Siswa Kelas V dan VI di MIS Nurul Huda Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Sulhi Muhammad Daud Abdul Kadir, L.c., M.H., Pembimbing (II) Mar’atun Sholiha, S.Pd.I., M.Pd.I. Kata Kunci: Bahasa Arab, Maharah Kitabah, Metode Picture and Picture, Penerepan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Picture and Picture dan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar maharah kitabah siswa kelas V dan VI MIS Nurul Huda Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2025. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan 20 siswa kelas V dan VI MIS Nurul Huda Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Picture and Picture yang dimodifikasi dapat meningkatkan maharah kitabah siswa. Hal ini dibuktikan dengan perbaikan yang terjadi dalam proses pembelajaran, di mana siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi, serta adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 48,04 pada tahap pratindakan, menjadi 69,25 pada siklus I, dan mencapai 79,25 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada akhir siklus II mencapai 90%.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: PENIREWOD
Date Deposited: 08 Oct 2025 07:04
Last Modified: 08 Oct 2025 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86180

Actions (login required)

View Item View Item