Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) Di Kota Jambi

INDAH CAHYANI, Novi (2025) Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) Di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (886kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (843kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text
full skripsi wisuda.pdf

Download (35MB)
[img] Text
Bab 1-1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Bab 1-1.pdf

Download (9MB)
[img] Text
full skripsi wisuda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Perlindungan konsumen merupakan bagian penting dalam mewujudkan keadilan dalam hubungan antara pelaku usaha dan konsumen. Peran LSM seperti LPKNI turut menjadi bagian penting dalam melaksanakan perlindungan konsumen di Kota Jambi, Namun, pada implementasinya terkadang tidak sesuai dengan yang di amanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang menarik untuk dikaji yaitu: pertama, bagaimana penyelesaian sengketa konsumen melalui LPKNI di Kota Jambi?. Kedua, apa faktor penghambat penyelesaian sengketa konsumen di kota Jambi. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyelesaian sengketa dan tantangan yang dihadapi dalam menyelesaikan sengketa konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis-Empiris yang megkaji das sein dan sollen antara ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan realita di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa LPKNI menjalankan berbagai tugas dalam menyelanggarakan perlindungan konsumen mulai dari edukasi konsumen, menerima berbagai pengaduan konsumen, hingga memberikan bantuan hukum, guna memastikan hak-hak konsumen terlindungi. Namun, disisi lain masih banyak tantangan yang dihadapi, seperti rendahnya kesadaran hukum konsumen sumen dan pelanggaran oleh pelaku usaha, kurangnya hingga dukungan dan pengawasan dari pemerintah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa, Perlindungan Konsumen, LPKNI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: NOVI INDAH CAHYANI
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:56
Last Modified: 09 Oct 2025 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86234

Actions (login required)

View Item View Item