INDAH CAHYANI, Novi (2025) Penyelesaian Sengketa Konsumen Melalui Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara Indonesia (LPKNI) Di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Download (886kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (843kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
full skripsi wisuda.pdf Download (35MB) |
![]() |
Text
Bab 1-1.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
Bab 1-1.pdf Download (9MB) |
![]() |
Text
full skripsi wisuda.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
Abstract
Perlindungan konsumen merupakan bagian penting dalam mewujudkan keadilan dalam hubungan antara pelaku usaha dan konsumen. Peran LSM seperti LPKNI turut menjadi bagian penting dalam melaksanakan perlindungan konsumen di Kota Jambi, Namun, pada implementasinya terkadang tidak sesuai dengan yang di amanatkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yang menarik untuk dikaji yaitu: pertama, bagaimana penyelesaian sengketa konsumen melalui LPKNI di Kota Jambi?. Kedua, apa faktor penghambat penyelesaian sengketa konsumen di kota Jambi. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyelesaian sengketa dan tantangan yang dihadapi dalam menyelesaikan sengketa konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Yuridis-Empiris yang megkaji das sein dan sollen antara ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan realita di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa LPKNI menjalankan berbagai tugas dalam menyelanggarakan perlindungan konsumen mulai dari edukasi konsumen, menerima berbagai pengaduan konsumen, hingga memberikan bantuan hukum, guna memastikan hak-hak konsumen terlindungi. Namun, disisi lain masih banyak tantangan yang dihadapi, seperti rendahnya kesadaran hukum konsumen sumen dan pelanggaran oleh pelaku usaha, kurangnya hingga dukungan dan pengawasan dari pemerintah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Sengketa, Perlindungan Konsumen, LPKNI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | NOVI INDAH CAHYANI |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:56 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |