Nada, Melisa Kotrun (2025) Pengaruh Menonton Video Animasi Nusa dan Rara Terhadap Pengenalan Nilai-nilai Kebhinekaan Global Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Mutiara Ilmu Desa Tunas Mudo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I MEL.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V MELISA.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
COVER MELISA.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA MELISA.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
MELISA KOTRUN NADA SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
lembar Pengesahan Melisa.pdf Download (80kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton video animasi *Nusa dan Rara* terhadap pengenalan nilai-nilai kebhinekaan global pada anak usia 5–6 tahun di TK Mutiara Ilmu Desa Tunas Mudo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 16 anak yang diberikan perlakuan berupa kegiatan menonton beberapa episode video *Nusa dan Rara* yang mengandung nilai kebhinekaan global. Teknik analisis data menggunakan uji *paired sample t-test* dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikansi < 0,001 (< 0,05) dan thitung sebesar 7,623 > ttabel 2,145. Nilai *effect size* (Cohen’s d) sebesar 1,906 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan menonton video animasi *Nusa dan Rara* berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan pengenalan nilai-nilai kebhinekaan global pada anak usia dini. This study aims to determine the effect of watching the animated series *Nusa and Rara* on the recognition of global diversity values among children aged 5–6 years at TK Mutiara Ilmu, Desa Tunas Mudo. The research employed an experimental method with a pretest-posttest design. The subjects consisted of 16 children who were treated by watching selected episodes of *Nusa and Rara* containing global diversity values. Data were analyzed using a paired sample t-test with SPSS 27. The results indicated a significant difference between pretest and posttest scores, with a significance value of < 0.001 (< 0.05) and tcount of 7.623 > ttable 2.145. The effect size (Cohen’s d) was 1.906, categorized as high. Therefore, it can be concluded that watching *Nusa and Rara* significantly enhances the recognition of global diversity values in early childhood.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Nusa dan Rara, Kebhinekaan Global, Anak Usia 5-6 Tahun, Anak Usia Dini. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | NADA |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 06:52 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |