Pengaruh Menonton Video Animasi Nusa dan Rara Terhadap Pengenalan Nilai-nilai Kebhinekaan Global Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Mutiara Ilmu Desa Tunas Mudo

Nada, Melisa Kotrun (2025) Pengaruh Menonton Video Animasi Nusa dan Rara Terhadap Pengenalan Nilai-nilai Kebhinekaan Global Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Mutiara Ilmu Desa Tunas Mudo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I MEL.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V MELISA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
COVER MELISA.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MELISA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
MELISA KOTRUN NADA SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
lembar Pengesahan Melisa.pdf

Download (80kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton video animasi *Nusa dan Rara* terhadap pengenalan nilai-nilai kebhinekaan global pada anak usia 5–6 tahun di TK Mutiara Ilmu Desa Tunas Mudo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 16 anak yang diberikan perlakuan berupa kegiatan menonton beberapa episode video *Nusa dan Rara* yang mengandung nilai kebhinekaan global. Teknik analisis data menggunakan uji *paired sample t-test* dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikansi < 0,001 (< 0,05) dan thitung sebesar 7,623 > ttabel 2,145. Nilai *effect size* (Cohen’s d) sebesar 1,906 yang termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan menonton video animasi *Nusa dan Rara* berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan pengenalan nilai-nilai kebhinekaan global pada anak usia dini. This study aims to determine the effect of watching the animated series *Nusa and Rara* on the recognition of global diversity values among children aged 5–6 years at TK Mutiara Ilmu, Desa Tunas Mudo. The research employed an experimental method with a pretest-posttest design. The subjects consisted of 16 children who were treated by watching selected episodes of *Nusa and Rara* containing global diversity values. Data were analyzed using a paired sample t-test with SPSS 27. The results indicated a significant difference between pretest and posttest scores, with a significance value of < 0.001 (< 0.05) and tcount of 7.623 > ttable 2.145. The effect size (Cohen’s d) was 1.906, categorized as high. Therefore, it can be concluded that watching *Nusa and Rara* significantly enhances the recognition of global diversity values in early childhood.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Nusa dan Rara, Kebhinekaan Global, Anak Usia 5-6 Tahun, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NADA
Date Deposited: 09 Oct 2025 06:52
Last Modified: 09 Oct 2025 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86260

Actions (login required)

View Item View Item