Implementasi Teaching Game For Understanding Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Sepakbola Siswa MAN 4 Batanghari

Karomi, M. Syahrul (2025) Implementasi Teaching Game For Understanding Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Sepakbola Siswa MAN 4 Batanghari. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
skripsi syahrul fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (344kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 4 Batnghari secara keseluruhan masih menggunakan model yang lama, yang dalam proses pembelajaran guru hanya menjellaskan materi sesuai dengan buku tanpa adanya interaksi antara siswa dan guru. Model ceramah merupakan penuturan bahan pelajaran secara lisan model ini bagus apabila penggunaanya disiapkan dengan baik, didukung alat dan media. Model ini sering digunakan oleh setiap guru dikarenakan beberapa pertimbangan tertentu juga ada faktor kebiasaan baik guru ataupun siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Belajar Sepakbola Siswa MAN 4 Batanghari melalui implementasi Teaching Game For Understanding. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu penelitian yang dilakukan dalam kelas dengan tujuan untuk meningkatkan Kemampuan Bermain Sepakbola Siswa melalui Implementasi Teaching Game For Understanding Untuk MAN 4 Batanghari. sampel yang digunakan dalam peneitian ini adalah jumlah yaitu Siswa kelas XIa MAN 4 Batanghari yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian dijelaskan hasil kemampuan belajar sepakbola masih rendah, karena siswa yang tuntas belajar hanya terdapat 13 siswa atau hanya 45%, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar terdapat 16 siswa atau 55%, dapat dilihat rata-rata siswa adalah 65. Sedangkan KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah adalah 75. Hasil pengamatan siklus I yang diikuti 29 siswa. Nilai rata-rata yang didapatkan 79 dan siswa yang mendapatkan nilai > 75 hanya 20 siswa atau 69% berdasarkan data yang didapat bahwa masih rendahnya kemampuan siswa bahwa pada proses belajar siswa masih rendah dan belum mengalami peningkatan yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan siklus II yang diikuti 35 siswa. Nilai rata-rata yang didapatkan 87 dan siswa yang mendapatkan nilai > 75 hanya 27 siswa atau 93% berdasarkan data yang didapat bahwa sudah baik kemampuan belajar sepakbola pada proses belajar siswa mengalami peningkatan yang telah ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan belajar sepakbola melaui pendekatan teaching games for understanding di peroleh siklus I memiliki rata rata 79. Dan pada siklus II memperoleh rata-rata 87, peningkatan antara siklus I dan II sebesar 8. Kata kunci: Kemampuan belajar sepakbola, pendekatan teaching games for understanding.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: KAROMI
Date Deposited: 14 Oct 2025 03:50
Last Modified: 14 Oct 2025 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/86364

Actions (login required)

View Item View Item