MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI TK NURUL HASANAH KECAMATAN SUNGAI GELAM

YULIANA SAFITRI, TIKA MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI TK NURUL HASANAH KECAMATAN SUNGAI GELAM. JURNAL MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DI TK NURUL HASANAH KECAMATAN SUNGAI GELAM.

[img] Text
COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri, Tika Yuliana, 2019 “Meningkatkan Pengenalan Konsep Sains Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri di TK Nurul Hasanah Kecamatan Sungai Gelam”, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jambi, pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan,M.Si. (2) . Dr.K.A.Rahman, M.Pd.I. Kata Kunci: pengenalan konsep sains, metode pembelajaran inkuiri Penelitian ini berlatar belakang yaitu pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hasanah Kecamatan Sungai Gelam masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan anak masih belum bisa mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi nya, mengenal sebab akibat, dan memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun sebelum dan setelah adanya tindakan metode pembelajaran inkuiri dan untuk mengetahui bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun. Manfaat penelitian adalah memperbaiki kegiatan pembelajaran anak, meningkatkan pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi, dan melakukan refleksi terhadap pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkolaborasi dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun melalui metode pembelajaran inkuiri di TK Nurul Hasanah Kecamatan Sungai Gelam yaitu. Dari pra tindakan 25,1185, siklus I pertemuan ke-1 dengan anak dapat mengamati setiap percobaan metode pembelajaran inkuiri 25,26. Siklus I Pertemuan ke -2 anak sudah dapat terlihat meningkat sedikit demi sedikit mulai berkembang 35,2375. Siklus I pertemuan ke-3 41,964, dan siklus I pertemuan ke-4 anak mulai berkembang sedikit demi sedikit 42,232. Siklus ke II pertemuan ke- 1 anak mengalami penikatan kembali walaupun hasil nya belum maksimal tapi anak sudah mulai mengerti tentang pengenalan sains 70,066. Kemudian siklus II pertemuan ke-2. 75 berkembang sesuai harapan. Siklus II pertemuan ke-3 anak mengalami peningkatan kembali 77,945 berkembang sesuai harapan. Siklus ke II Pertemuan ke-4 anak sudah dapat mengenal konsep sains itu seperti apa dilihat dari hasil 80,5 Berdasarkan hasil penelitian ini simpulan yang diambil adalah pengenalan konsep sains anak usia 5-6 tahun melalui metode pembelajaran inkuiri meningkat. Hasil rata-rata anak mengalami kenaikan pada siklus kedua dengan cara memberikan hadia bagi anak yang bisa memecahkan masalah sederhana dengan cepat, mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsinya, mengenal sebab akibat dengan menggunakan langkah-langkah metode inkuiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: tika yuliana safitri
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:00
Last Modified: 22 Jul 2019 04:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8656

Actions (login required)

View Item View Item